Rabu, 26 November 2008

Metamorfosa Internal Audit

DEFINISI INTERNAL AUDIT
IIA’S BOARD OF DIRECTOR JUNE 1999

Kegiatan assurance dan konsultasi yang independen dan obyektif yang dirancang untuk memberi nilai tambah dan peningkatan kegiatan suatu organisasi, dengan membantu organisasi tersebut mencapai tujuannya melalui penilaian (evaluasi) dan peningkatan efektifitas manajemen resiko, pengendalian (control) dan tata cara pengaturan perusahaan (corporate governance).
Kegiatan tersebut dilakukan dengan pendekatan yang sistematis dan teratur.
THE NEW DEFINITION OF INTERNAL AUDITINTERNAL AUDITING IS AN INDEPENDENT, OBJECTIVE ASSURANCE AND CONSULTING ACTIVITY, DESIGNED TO ADD VALUE AND IMPROVE AN ORGANIZATION’S OPERATIONS. IT HELPS AN ORGANIZATION IN ACCOMPLISHING ITS OBJECTIVES BY BRINGING A SYSTEMATIC, DISCIPLINED APPROACH TO EVALUATE AND IMPROVE THE EFFECTIVENESS OF RISK MANAGEMENT, CONTROL AND GOVERNANCE PROCESSES.

DASAR PEMIKIRAN DEFINISI INTERNAL AUDITING
1. Internal auditing ditentukan oleh hasil pelaksanaan kegiatan dari pada oleh siapa yang melakukan dan apa yang dilakukan.
2. Untuk tetap “eksis” profesi internal auditing harus dipandang sebagai kontributor nilai tambah bagi organisasi.
3. Internal auditing harus mengadaptasi prespektif “entity value chain”
4. Struktur konseptual Internal Auditing harus merefleksikan pemicu Kegiatan Organisasi.
5. Standar dan Ketentuan profesi Internal Auditing harus mengarah kepada pembentukan Citra Profesi yang mempunyai keunikan.

DEFINISI LAMA
Internal Audit adalah fungsi apprisal yang independen yang membantu anggota organisasi dalam melaksanakan efektivitas tanggung jawabnya sebagai pelayanan kepada organisasi
Dari Penilai Ke Assurance
Definisi lama
Fungsi apprisial yang indenpenden
Definisi baru
Kegiatan assurance dan konsultasi yang independen dan obyektif
Dari Deteksi ke Pencegahan/Solusi
Definisi Lama
Menguji dan mengevaluasi kegiatan organisasi sebagai jasa pelayanan kepada organisasi
Defenisi Baru
Mendisain nilai tambah dan peningkatan operasi perusahaan
Dari operasi ke Strategi
Definisi Lama

Membantu anggota organisasi dalam melaksanakan efektivitas tanggung jawabnya.
Definisi Baru
Membantu organisasi dalam mencapai tujuannya
Dari Control ke Risiko dan Governance
Definisi Lama
Meningkatkan efektivitas pengendalian pada biaya yang wajar
Definisi Baru
Menilai dan meningkatkan efektifitas proses manajemen risiko, pengendalian dan governance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar